Kenali Penyebab, Tanda dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Cara mengatasi baby gas selalu menjadi topik yang banyak dicari orang. Tentu saja, jika anak Anda mengalami perut kembung, Anda akan sangat khawatir. Juga, si kecil masih bayi dan tidak bisa mengungkapkan perasaannya, hanya dengan menangis. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk segera mencari informasi tentang cara mengatasi perut kembung bayi Anda.

Pada dasarnya, kembung adalah hal yang wajar terjadi pada bayi berusia 3 hingga 4 bulan. Hal ini dikarenakan pada usia ini, sistem pencernaan bayi belum berfungsi dengan baik. Namun, karena gas ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat bayi Anda mudah tersinggung, penting untuk meluangkan waktu untuk mempelajari cara menangani gas pada bayi Anda.

Namun sampai saat itu, tidak salah jika Anda mengidentifikasi apa penyebab perut kembung pada anak Anda sejak awal. Berikut beberapa penyebab perut kembung pada bayi.

Minum minuman selain ASI

Kebutuhan cairan anak Anda harus terpenuhi karena ini mengganggu kelancaran proses sistem. Namun berbeda jika Anda melakukannya pada bayi di bawah 6 bulan. Selama 6 bulan pertama, bayi harus diberi ASI eksklusif atau susu formula. Jadi memberi bayi Anda jenis minuman lain bisa membuatnya kembung.

Makanan ibu

Dulu, ketika bayi Anda masih dalam kandungan, Anda mendapat nutrisi dari apa yang Anda makan dan minum. Jadi Anda harus benar-benar selektif dalam memilih makanan atau minuman yang ingin Anda konsumsi.

Nah, setelah bayi Anda lahir, Anda tetap harus memastikan bahwa apa yang Anda makan dan minum baik untuk bayi Anda. Ini karena apa yang Anda makan juga dapat memengaruhi anak Anda. Juga, bayi Anda masih minum ASI Anda. Jadi untuk mencegah gas, sebaiknya hindari kubis, brokoli, kembang kol, kacang-kacangan, atau bawang bombay, yang bisa menghasilkan gas.

Dot bayi

Ternyata dot bayi juga bisa menjadi penyebab gas bayi. Ujung puting yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat memungkinkan udara masuk ke perut saat bayi Anda menyusu. Karena itu, pastikan untuk memberikan dot pada bayi Anda sesuai dengan usia bayi.

Tanda-tanda kembung pada bayi

Jika bayi Anda rewel dan menangis tanpa alasan, ada baiknya Anda memeriksakan perutnya. Jika Anda merasa agak keras dan sesekali angin bertiup, ini bisa menjadi tanda bayi Anda mengalami perut kembung.

Juga, selalu perhatikan sikap yang ditunjukkan bayi Anda. Jika bayi Anda tampak menggeliat dan melengkungkan punggungnya atau sering mengangkat kakinya, ini adalah tanda bahwa bayi Anda tidak nyaman dengan kembung.

Cara yang tepat untuk mengatasi perut kembung pada bayi juga dapat memberikan efek positif. Itulah beberapa penyebab kembung pada bayi dan tanda-tanda bayi mengalami kembung.

Jika Anda melihat tanda-tanda di atas pada anak Anda, coba terapkan cara mengatasi bayi perut kembung segera. Kunjungi juga bersamaberdikari.com untuk info yang bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin