Ini Dia Fungsi Zat Besi untuk Kesehatan Tubuh

fungsi zat besi

Zat besi memiliki segudang manfaat kesehatan yang tidak dapat disangkal. Mineral ini tidak hanya bermanfaat dalam mendukung sistem kekebalan tubuh, tetapi juga dapat mencegah dan mengobati anemia. Oleh karena itu, asupan zat besi harus selalu terpenuhi.

Untuk merasakan fungsi zat besi secara optimal, Anda perlu mengonsumsi zat besi yang cukup setiap hari. Jika tubuh kekurangan zat besi maka dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Sebaliknya, jika tubuh terlalu banyak mengonsumsi zat besi, maka akan berbahaya bagi tubuh yaitu dapat menyebabkan keracunan zat besi. Namun, ini sangat jarang terjadi pada orang dewasa. Keracunan zat besi lebih mungkin terjadi pada anak-anak yang mengonsumsi suplemen zat besi dalam jumlah.

Berbagai Fungsi Zat Besi untuk Tubuh

Zat besi adalah salah satu mineral penting untuk tubuh karena banyak manfaat kesehatannya. Beberapa manfaat zat besi bagi tubuh antara lain:

1. Mengatasi Anemia

Fungsi utama zat besi adalah mencegah dan mengatasi anemia. Hal ini karena zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke tubuh.

Tanpa hemoglobin yang cukup, kondisi ini dapat menyebabkan anemia defisiensi besi, yang dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk kelelahan, pusing, sesak napas, sakit kepala, dan jantung berdebar.

2. Menjaga kinerja fungsi otot

Zat besi tidak hanya berperan dalam pembentukan hemoglobin, tetapi juga merupakan komponen penting dari mioglobin, protein yang membantu memberikan oksigen ke otot. Dengan cara ini, otot akan terus berfungsi dan bekerja dengan maksimal.

3. Meningkatkan stamina

Manfaat zat besi berikutnya yang sama pentingnya adalah meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Dengan imunitas yang baik, tubuh tetap sehat, dan tidak mudah terjangkit berbagai penyakit menular.

4. Menjaga kesehatan fungsi otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar zat besi yang rendah dalam tubuh dapat menurunkan konsentrasi dan daya ingat seseorang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar zat besi yang cukup agar otak tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

5. Mengurangi Gejala Sindrom Kaki Gelisah

Munculnya gejala Sindrom Kaki Gelisah atau penyakit Willis-Ekbom juga sering dikaitkan dengan kekurangan zat gizi tertentu, salah satunya zat besi. Untuk mengatasi kondisi tersebut, dokter biasanya menganjurkan untuk mengonsumsi suplemen zat besi.

6. Mencegah risiko kelahiran prematur

Zat besi juga merupakan mineral penting bagi ibu hamil. Hal ini karena kekurangan zat besi pada ibu hamil diketahui dapat meningkatkan risiko persalinan prematur atau berat badan lahir rendah. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi asupan zat besi yang cukup.

Suplemen zat besi dapat menjadi pilihan untuk mencegah defisiensi zat besi jika makanan tidak memenuhi kebutuhan zat besi.

Namun, pastikan suplemen zat besi yang Anda konsumsi tidak berlebihan dan juga mengikuti anjuran dan saran dokter sehingga dosisnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Anda.

Manfaat kesehatan dari zat besi bervariasi dan perlu dipenuhi pada tingkat tertentu. Jika Anda masih tidak yakin apakah kebutuhan zat besi Anda terpenuhi, bicarakan dengan dokter untuk mendapatkan nasihat tentang asupan zat besi, baik melalui makanan atau suplemen.

You May Also Like

About the Author: admin