Tips Merawat Gitar Akustik Agar Tetap Awet

Gitar Akustik

Merawat gitar merupakan salah satu cara agar gitar yang Anda punya tetap awet dan terjaga performanya. Gitar yang terawat tentunya memberikan kenyamanan pada saat digunakan. Terlebih lagi jika Anda memiliki Gitar Akustik yang terbuat dari bahan kayu, maka Anda tidak bisa asal dalam merawatnya.

Jika hanya merawatnya dengan mengelap dengan kain basah, gitar akustik Anda akan rentan keropos, rusak, patah, bahkan suaranya bisa tidak nyaring lagi. Tidak mau kan gitar kesayangan Anda menjadi rusak? Untuk itu simak beberapa tips di bawah ini untuk merawat gitar akustik Anda agar tetap awet.

1. Simpan Di Tempat Yang Aman

Hal pertama yang mudah dilakukan guna menjaga gitar akustik Anda ialah menyimpannya di tempat yang Aman. Gunakan case gitar untuk menyimpan gitar kesayangan Anda, case gitar yang kokoh dapat melindungi gitar dari benturan dan goresan, serta menjaganya dari kotoran seperti debu.

Hindari menyimpan gitar di tempat yang terkena matahari secara langsung, maupun tempat yang terlalu dingin. Hindari juga meletakan gitar di tempat yang tinggi, karena akan berpotensi jatuh.

2. Mengganti Senar

Seringlah untuk mengganti senar secara berkala. Senar yang sudah berkarat dapat menyebabkan suara gitar menjadi sumbang. Jangan menunggu senar putus terlebih dahulu baru menggantinya. Dalam memilih senar juga harus memperhatikan kualitasnya.

Memilih senar berkualitas baik dapat mempengaruhi kenyamanan dalam bermain gitar. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan senar, gunakan string cleaner, atau oil khusus yang dapat membersihkan senar. Karena jika senar berdebu dan kotor maka petikan gitar akan berat dan membuat suaranya menjadi sumbang.

3. Membersihkan Body Gitar Dengan Benar

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah membersihkan body gitar dengan benar. Menjaga gitar akustik agar tetap awet, bukan berarti Anda bisa asal dalam membersihkannya. Anda dapat menggunakan kain microfiber atau kain halus, dan lebih baik menggunakan cairan pembersih khusus gitar. Dengan rutin membersihkan gitar akustik 2-3 kali dalam seminggu akan menjaga keawetannya.

4. Pastikan Tangan Kering Saat Menggunakan Gitar

Sebelum Anda memegang dan memainkan gitar, pastikan tangan Anda bersih. Hal ini bertujuan pada saat Anda memetic senar gitar tetap bersih dan tidak licin. Apalagi jika terdapat kotoran minyak bekas makanan, akan membuat senar menjadi kotor dan pastinya tampilan gitar menjadi tidak enak dilihat. Tidak lupa juga untuk membersihkan fingerboard. Meskipun letaknya agak susah karena di bawah senar,

5. Perhatikan Kelembapan Suhu Udara Tempat Menyimpan Gitar

Memperhatikan kelembapan suhu udara tempat menyimpan gitar akustik Anda juga perlu diperhatikan dalam menjaga bentuk dan keawetannya. Sebaiknya meletakan gitar di tempat yang tidak terlalu kering dan tidak lembab.

Jika diletakan di tempat kering akan membuat kayu menjadi retak dan kadar airnya berkurang. Sedangkan jika ditaruh di tempat yang lembab, maka gitar akan memuai akibat kadar air yang berlebihan.

Wah ternyata dalam menjaga gitar agar awet dan suaranya tetap bagus perlu memperhatikan beberapa hal di atas dan tidak bisa sembarangan ya. Semoga tipsnya dapat membantu, dan dengan melakukan beberapa tips di atas niscaya akan membantu gitar Anda awet.

You May Also Like

About the Author: admin