Jangan Diabaikan, Inilah Obat Kesemutan Alternatif untuk Dirumah

Obat Kesemutan

Kesemutan atau kebas adalah suatu kondisi ketika anggota tubuh tertentu mengalami sensasi atau sensasi, seperti mati rasa, kesemutan, dan panas, diikuti oleh perasaan seperti ditusuk jarum. Kesemutan itu sendiri secara medis dikenal sebagai parestesia. Kondisi ini terjadi ketika saraf di bagian tubuh tertentu berada di bawah tekanan untuk waktu yang lama.

Akibatnya, arus di saraf akan terhambat. Kesemutan dapat muncul di bagian tubuh mana saja, terutama tangan, lengan, kaki, dan wajah. Tidak hanya saraf yang tertekan, sensasi kesemutan di tangan kanan juga bisa terjadi karena kondisi medis tertentu.

Sensasi kesemutan bisa menyakitkan dan mengganggu! Ini adalah kondisi yang disebut paresthesia, yang dapat menyebabkan rasa terbakar atau kesemutan di tangan dan kaki. Kesemutan ini sebenarnya bersifat sementara dan bisa hilang dengan perawatan yang tepat. Namun, jika berlangsung lebih lama, itu mungkin mengindikasikan kondisi mendasar yang perlu diperiksa oleh dokter.

Kita mungkin mengalami parestesia sementara karena sirkulasi kronis yang buruk atau tekanan pada saraf tertentu. Pada saat yang sama, kerusakan saraf, penyakit hati dan ginjal, hipotiroidisme, stroke, trauma, cedera, dan lain sebagainya. Dapat menyebabkan kesemutan berulang atau parestesia kronis.

Obat Kesemutan Secara Alami

Ada banyak penyebab kesemutan di tangan, beberapa di antaranya terkait dengan masalah kesehatan saraf. Pengobatan rumahan berikut ini bisa menjadi obat kesemutan alternatif yang bisa Anda coba.

1. Menggunakan minyak esensial

Minyak atsiri memiliki efek positif dan dipercaya dapat membantu meringankan penyakit yang berhubungan dengan masalah saraf, seperti kesemutan di tangan dan kaki. Minyak ini memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang kuat yang membantu mengurangi nyeri saraf dan memperbaiki kerusakan saraf.

Pijat secara teratur dengan minyak ini diduga dapat membantu memperbaiki kerusakan saraf dan mengembalikan fungsi saraf. Pilih minyak esensial lavender, tuangkan 10-12 tetes, tambahkan minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan dan pijat dengan lembut di atas area yang menyengat. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

2. Pijat relaksasi

Anda juga dapat memanfaatkan terapi pijat. Perawatan ini bekerja dengan baik dalam mengurangi sensasi kesemutan yang terus-menerus di tangan dan kaki. Pijat sendiri merangsang saraf, membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan mengembalikan fungsi saraf normal, sehingga menjadi fasilitator untuk menjaga saraf tetap sehat.

3. Kompres hangat

Kompres hangat adalah cara terbaik untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan sirkulasi darah pada tangan atau kaki yang kesemutan. Letakkan lap kain yang telah direndam dalam air hangat selama 5 sampai 7 menit pada bagian tubuh yang terasa kebas. Ulangi tiga kali sehari.

4. Gunakan garam Epsom

Garam epsom mengandung magnesium dalam jumlah tinggi, yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Garam ini bekerja secara aktif dengan memulihkan saraf yang terkena dan meradang yang menyebabkan sensasi kesemutan.

Tambahkan secangkir garam Epsom ke ember atau bak mandi penuh air, sebaiknya air hangat. Kemudian, rendam selama sekitar 15 hingga 20 menit. Lakukan ini sekali sehari untuk membantu meningkatkan sirkulasi, sehingga mengurangi kesemutan.

5. Cuka sari apel

Kandungan anti-inflamasi dan asam asetat yang kuat dalam cuka sari apel membantu memulihkan dan memperbaiki saraf yang rusak dan bisa menjadi obat kesemutan. Selain itu, banyaknya nutrisi penting dalam cuka sari apel membantu meningkatkan energi dan mempercepat proses pemulihan. Coba tambahkan satu sendok teh cuka sari apel, campur dengan segelas air hangat, lalu tambahkan madu dan minum sekali sehari.

You May Also Like

About the Author: admin