Optimalkan Safety Gedung Perkantoran Dengan Cara Ini

sistem keamanan gedung

Sistem Keamanan Gedung merupakan suatu aset serta fasilitas penunjang kenyamanan bagi para pemakainya. Kebutuhan akan rasa aman merupakan faktor utama yang penting dimiliki oleh setiap gedung. Dengan sistem keamanan yang terstruktur rapih, maka akan sangat membantu meminimalisir sebuah masalah sistem keamanan dalam gedung/ruangan dari bahaya adanya orang lain yang masuk tanpa seizin pemilik. Untuk menghindari berbagai hal negatif lainnya dan meminimalisir risiko, berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan sistem keamanan gedung.

1. Redesign Sistem Keamanan

Setiap gedung memiliki sejarah yang berbeda sejak pertama kali dibangun. Entah ada yang membangun dari awal, atau membeli gedung yang sudah ada nanun terdapat perbaikan, renovasi yang berkali kali. Lalu apakah sistem keamanannya juga rutin terupdate dengan baik? Jawabannya belum tentu, sebab ada kemungkinan sistem keamanannya masih mengikuti sistem keamanan gedung yang terdahulu sehingga perlu di design ulang.

Anda harus memastikan beberapa alat pendukung keamanan terpasang dengan baik, contohnya adalah keran hydrant. Penyesuaian sistem keamanan juga mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Mekakukan redesign sistem keamanan bermanfaat agar sistem keamanan gedung bisa bekerja secara optimal.

2. Kontrol Fitur Keamanan Dengan Maksimal

Salah satu hal yang mendukung optimalnya sistem keamanan di dalam gedung ialah tenaga operasional yang menjalankannya. Fitur keamanan yang beroperasi tentu memerlukan kontrol yang baik agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Cepat tanggap dalam menhandle situasi yang terjadi, mengoperasikan alat, serta merespon tanda-tanda yang di perlihatkan oleh kamera pengawas. Akibatnya seluruh sistem keamanan gedung dapat dikontrol dengan baik, sehingga dapat menjaga stabilitas sistem yang telah berjalan.

3. Sistem Keamanan Terintegrasi

Sistem kemanan yang baik sudah sepatutnya dapat dijalankan dalam sistem keamanan yang sudah terintegrasi. Mengoperasikan berbagai perangkat keamanan seperti CCTV, akses kontrol, pemindai gerak dsb hanya pada satu sumber saja.

Pengintegrasian sistem akses kontrol dengan perangkat keamanan lainnya diharapkan bisa membuat sistem keamanan menjadi lebih siap dalam menghadapi berbagai permasalahan terkait keamanan gedung. Guna mencapai sistem kemanan yang lancar maka diperlukannya sistem perangkat yang saling terintegrasi satu sama lain. Hal tersebut akan mempermudah akses operasi kontrol.

4. Peraturan Keamanan Yang Jelas

Sebuah sistem fitur keamanan akan berjalan dengan baik dan sebagaimanamestinya jika orang-orang patuh terhadap peraturan gedung. Bukan hanya itu saja namun peraturan-peraturan yang diterapkan harus sesuai dengan kebutuhan gedung, serta menjamin keselamatan orang serta aset dalam gedung.

Jika melanggar peraturan atau SOP yang ada, maka tidak heran jika kasus kecelakaan dan kemalingan dalam gedung banyak yang terjadi. Disiplin dalam menerapkan SOP keamanan tidak hanya perlu dilakukan oleh petugas keamanan tetapi juga oleh seluruh pengguna gedung baik pekerja, penghuni dan tamu.

Itu dia beberapa hal yang dapat diperhatikan guna mengoptimalkan sistem keamanan di dalam gedung. Optimalisasi fitur keamanan gedung tentu penting demi mendukung segala bentuk aktivitas yang ada di dalam gedung serta terjaminnya keamanan.

You May Also Like

About the Author: admin