Sebelum Membeli TV Baru, Kenali Dulu Perbedaan Android TV dan Smart TV

perbedaan android tv dan smart tv

Selain telepon genggam dan komputer, televisi juga menjadi salah satu produk elektronik yang bentuk dan sistem teknisnya berkembang. Saat mencari TV saat ini, biasanya disarankan untuk memilih jenis smart TV atau Android TV. Namun pembeli harus tahu apa saja perbedaan android TV dan smart TV, baik dari segi fungsi maupun spesifikasi dalam memenuhi kebutuhan pembeli dalam menikmati hiburan.

Apa Saja Perbedaan Android TV dan Smart TV?

Terlepas dari persamaan bahwa kedua TV membutuhkan internet untuk menjalankan setiap program di dalamnya, ada banyak perbedaan antara android TV dan juga smart TV. Nah, pembahasan kali ini akan membahas dimana perbedaan android TV dan smart TV, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Tampilan layar yang diberikan

Perbedaan pertama antara android TV dan smart TV dapat dilihat dari tampilan ketika saat diaktifkan. Diantaranya, smart TV sendiri memiliki tampilan yang sederhana dan fungsi yang canggih. Jika Anda membandingkan visual dengan TV analog lama, tampilannya mungkin tidak jauh berbeda, karena pengguna dapat menyesuaikan perintah tombol dengan fitur Smart TV tanpa banyak pengaturan.

Untuk Android TV, menu tampilan ditampilkan dalam bentuk library berdasarkan aplikasi yang telah diunduh pengguna. Meskipun sebenarnya, itu bisa diatur kembali ke tampilan yang lebih mudah diakses.

2. Dukungan OS

Perbedaan berikutnya antara android TV dan smart TV adalah sistem operasi yang dimiliki. Diantaranya, smart TV biasanya menggunakan sistem operasi Tizen OS atau WebOS yang mengintegrasikan model Internet dan fungsi web 2.0. Dengan kata lain, sistem operasi seperti kombinasi dari TV, komputer, dan pemutar digital.

Sementara itu, sistem operasi yang digunakan Android TV cenderung menjadi tipe yang biasa digunakan di smartphone. Ketika produsen memberikan pembaruan, pengguna dapat memperbarui sistem operasi, seperti memutakhirkan aplikasi yang ada ke versi yang lebih baru.

3. Penggunaan remote control

Produk TV tidak akan lengkap tanpa remote control untuk menjelajahi apa yang ada di dalamnya. Tentu saja, baik itu smart TV atau Android TV, keduanya dapat menggunakan remote control.

Perbedaan antara smart TV dan Android TV dalam hal remote control sangat jelas. Smart TV sendiri masih memiliki fungsi yang terintegrasi dalam satu remote, seperti menekan tombol remote ala TV analog lama. Ini tentu saja bagus untuk mereka yang ingin praktis ketika ingin melakukan setup TV karena hanya memiliki satu sumber.

Sedangkan untuk Android TV, pengguna akan membutuhkan dua remote yang berbeda dengan fungsi yang berbeda. Bagi pengguna yang mungkin jarang menggunakan remote control mungkin perlu dilakukan penyesuaian terlebih dahulu.

4. Fitur dan aplikasi yang diberikan

Pindah ke perbedaan berikutnya antara android TV dan smart TV dalam hal fitur dan aplikasi. Smart TV mendukung banyak aplikasi bawaan atau pra-instal seperti Netflix, Opera, dan lain sebagainya.

Sedangkan Android TV yang dikembangkan oleh Google dan memiliki sistem operasi sendiri, dapat mengunduh aplikasi lain yang mendukung perangkat Android melalui Google Play Store. Selain itu, beberapa TV Android juga menggunakan teknologi asisten pintar untuk mendukung perintah suara.

5. Kelengkapan Konektivitas

Perbedaan terakhir antara android TV dan smart TV adalah bagian konektivitas. Bisa dibilang, Android TV sendiri lebih unggul dari smart TV dalam hal konektivitas. Jika ingin menyambungkan dua layar sekaligus, seperti kabel HDMI, USB, atau VGA, smart TV sendiri membutuhkan kabel tambahan. Ditambah koneksi yang biasanya memakan waktu lama untuk diproses.

Perbedaan android tv dan smart tv tentu saja dapat menjadi pertimbangan dalam memilih produk yang tepat untuk kebutuhan Anda. Selain itu, Anda bisa mendapatkan android TV dan smart TV melalui AQUA Japan.

Ada beberapa pilihan android TV dan smart TV yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Anda dapat melakukan ini dengan mengunjungi situs web resmi AQUA Japan dan dapatkan produk impian Anda dengan mudah di AQUA Japan sekarang.

You May Also Like

About the Author: admin