Coba Makanan Penurun Kolesterol ini untuk Tubuh Lebih Sehat

makanan penurun kolesterol

Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk membantu membentuk sel-sel sehat. Namun, kadar kolesterol yang tinggi justru dapat memicu terbentuknya plak yang menyumbat pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko penyakit kronis seperti stroke dan penyakit jantung.

Kolesterol adalah zat yang berbentuk seperti lilin dan berlemak yang ditemukan di semua sel tubuh. Kolesterol juga terdapat pada makanan yang berasal dari hewan, seperti kuning telur, daging, dan keju. Meskipun penting, terlalu banyak kolesterol dapat membentuk plak dan menghalangi aliran darah.

Plak inilah yang akan menempel pada dinding arteri dan disebut aterosklerosis. Jika dibiarkan, penumpukan plak ini dapat menyebabkan arteri tersumbat, yang dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular. Untuk menjaga tingginya kadar kolesterol, Anda perlu mengkonsumsi makanan penurun kolesterol.

Daftar Makanan Penurun Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi dalam darah dapat dikontrol dengan mengkonsumsi berbagai makanan penurun kolesterol, yaitu:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kacang panjang, dan kangkung, telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini karena antioksidan yang terkandung dalam sayuran hijau dapat mengikat asam empedu, yang terdiri dari kolesterol, sehingga mencegah penumpukan kolesterol dalam darah.

2. Kacang

Kacang juga membantu menurunkan kolesterol karena kandungan fitosterolnya dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

3. Pisang

Kandungan inulin pada pisang dapat membantu menurunkan kolesterol pada makanan yang Anda makan. Ini dapat membantu Anda mengontrol kadar kolesterol Anda.

4. Oatmeal

Oat yang terbuat dari gandum mengandung beta-glucan, yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, beta-glukan dalam gandum dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang Anda makan.

5. Teh hitam

Teh hitam merupakan minuman yang dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah. Kandungan flavonoid dalam teh hitam diketahui dapat membantu fungsi jantung, menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

6. Susu kedelai

Makanan lain yang juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol adalah susu kedelai. Susu kedelai sendiri mengandung isoflavon yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Tak hanya susu kedelai, makanan yang terbuat dari olahan kacang keledai ini juga tinggi kandungan isoflavon, seperti tempe dan tahu.

Untuk mempermudah menurunkan kolesterol tinggi, Anda juga bisa mengonsumsi produk olahan yang mengandung serat larut beta glukan dan inulin. Kedua jenis serat larut tersebut memungkinkan sistem pencernaan berfungsi optimal sekaligus menurunkan kadar kolesterol.

Anda juga dapat mencari produk yang diperkaya dengan vitamin B1 dan B2. Tujuannya agar proses pencernaan dan pembakaran lemak serta karbohidrat dapat berfungsi lebih baik, yang tentunya akan membantu Anda menurunkan kolesterol tinggi Anda.

Cara Memasak Makanan untuk Menurunkan Kolesterol

Berikut adalah beberapa metode memasak yang direkomendasikan untuk membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap aman dan terkendali.

1. Perhatikan kandungan lemak makanan

Kadar kolesterol dalam tubuh seringkali dipengaruhi oleh asupan lemak. Jika Anda makan terlalu banyak lemak jenuh dan lemak trans, kadar kolesterol Anda bisa melonjak. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan berlemak seperti daging merah.

2. Gunakan sedikit minyak ketika memasak

Sayuran menjadi salah satu dari berbagai makanan penurun kolesterol. Namun, jika Anda memasaknya salah, Anda mungkin tidak mendapatkan hasil maksimal.

Salah satu cara memasak yang disarankan adalah menggorengnya dalam minyak sayur, jika perlu tambahkan sedikit air. Pilih minyak yang lebih sehat seperti zaitun atau canola. Jangan terlalu banyak, cukup dua sendok teh untuk memasak empat porsi sayuran.

Tambahkan rempah-rempah seperti bawang putih atau kayu manis untuk meningkatkan rasa hidangan. Hindari menggunakan terlalu banyak gula, garam atau penyedap rasa.

You May Also Like

About the Author: admin