Cara Mudah Meningkatkan TikTok Engagement

Saat ini ada banyak sekali pemasaran produk dengan menggunakan aplikasi TikTok. Hal ini disebabkan karena membangun TikTok Engagement bisa dilakukan dengan lebih mudah dibandingkan dengan pemasaran menggunakan platform lain. Untuk kamu yang ingin tahu bagaimana cara membangun engagement di aplikasi content creator ini, berikut ini adalah ulasannya.

Kenali apa itu FYP

FYP atau singkatan dari “For You Page”, merupakan halaman untuk para user dari aplikasi TikTok ini. Halaman ini berisi tentang konten yang sedang viral sesuai dengan ketertarikan dari usernya.

Untuk bisa merekomendasikan konten-konten sesuai dengan ketertarikan seseorang user, TikTok memiliki algoritma khusus. Jadi jika kamu ingin menggunakan TikTok sebagai alat untuk pemasaran, FYP ini adalah sasaran utama kamu.

Jika video kamu masuk ke FYP ini, artinya video kamu sedang viral dan kemungkinan besar konten kamu akan mendapat panggung. Konten yang sudah viral biasanya akan mendapatkan perhatian dan mendapatkan engagement yang lebih besar dari audience-nya.

Kenali algoritma TikTok

Untuk kamu yang ingin masuk ke FYP, sangat penting untuk mengetahui apa saja aspek penentu rekomendasi dari algoritma TikTok ini. Beberapa aspek penentu dari algoritma TikTok ini antara lain adalah :

1.     Interaksi user

Algoritma FYP TikTok akan menggunakan interaksi user sebagai salah satu aspek penentunya. Beberapa komponen interaksi user yang akan diperhatikan antara lain adalah caption, tagar, dan informasi video yang lain.

2.     Lokasi tempat kamu berada

Aspek penentu algoritma TikTok untuk merekomendasikan sebuah video pada FYP selanjutnya adalah lokasi pembuatan konten. Algoritma TikTok akan lebih menyukai video atau konten yang dibuat dari lokasi yang tidak jauh dari lokasi user tujuan. Dengan kata lain algoritma TikTok memiliki penghitungan berdasarkan proximity atau jarak. Jadi jangan lupa untuk selalu posting lokasi dari pembuatan konten kamu.

3.     Penggunaan tagar untuk meningkatkan TikTok Engagement

Jika kamu akan membuat posting video, jangan lupa untuk menggunakan banyak tagar. Menggunakan banyak tagar akan membantu mendapatkan audience lebih luas. Tapi pastikan kamu menggunakan tagar yang sesuai dengan konten kamu. Jika tidak, audience tujuan akan meleset sehingga sulit bagi video kamu untuk bertemu audiens yang efektif.

4.     Menggunakan caption

Caption adalah aspek interaksi yang penting dengan audience kamu. Di dalam caption, sebaiknya kamu menuliskan deskripsi singkat mengenai isi konten video kamu. Deskripsi singkat ini bisa bekerja sebagai trailer dan akan mendorong audience untuk menonton video kamu hingga habis.

5.     Penggunaan lagu

Untuk mendapatkan engagement yang baik, perhatikan juga mengenai pilihan lagu untuk video kamu. Hal ini disebabkan karena pilihan lagu juga jadi salah satu aspek pemilihan rekomendasi video oleh algoritma TikTok.

Jika kamu memilih potongan lagu yang sedang hits dan tren di kalangan pengguna TikTok tujuan kamu, video kamu akan lebih mudah masuk ke FYP dan menjadi viral. Jika kamu mendapatkan kesempatan ini, konten dan video kamu bisa dilihat lebih banyak user termasuk audience tujuan kamu.

Tips-tips yang disebutkan di atas merupakan beberapa faktor penting untuk diperhatikan saat kamu ingin menarik perhatian dari algoritma TikTok. Selain itu jangan lupa untuk menggunakan alat analytics untuk akun TikTok kamu.

Menggunakan alat analytics untuk akun TikTok kamu akan membantu kamu melihat bagaimana pergerakan dan perkembangan TikTok Engagement kamu dan membantu memperbaiki strategi pemasaran agar lebih efektif.

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan