Dalil tentang Puasa Ramadhan agar Lebih Semangat Berpuasa

hadits tentang puasa ramadhan

Alhamdulillah, sesaat lagi kita akan menginjak bulan Ramadhan. Berikut adalah dalil tentang puasa ramadhan berkaitan keistimewaan-keistimewaannya. Mudah-mudahan dengan mengetahui ini, kita akan makin semangat pada bulan Ramadhan. Hanya Allah yang berikan taufik.

Ramadhan ialah Bulan Di turunkannya Al Qur’an

Bulan ramadhan ialah bulan yang mulia. Bulan ini diputuskan sebagai bulan untuk berpuasa dan di bulan ini juga Al Qur’an di turunkan. Seperti bunyi ayat tentang puasa ramadhan berikut ini,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“(Beberapa hari yang ditetapkan itu adalah) bulan Ramadhan, bulan yang di turunkan (permulaan) Al Quran sebagai panduan untuk manusia dan keterangan-penjelasan berkenaan panduan itu dan pembanding (di antara yang hak dan yang bathil). Karenanya, barangsiapa antara kamu datang (di negeri rumahnya) pada bulan itu, karena itu sebaiknya dia berpuasa di bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185)

Ibnu Katsir rahimahullah ketika menerjemahkan ayat yang mulia ini menjelaskan, “(Dalam ayat ini) Allah Ta’ala beri pujian bulan puasa -yaitu bulan Ramadhan- dari bulan-bulan yang lain. Allah beri pujian begitu karena bulan ini sudah Allah tentukan sebagai bulan di turunkannya Al Qur’an dari bulan-bulan yang lain. Seperti juga di bulan Ramadhan ini Allah sudah turunkan kitab ilahiyah yang lain pada beberapa Nabi ‘alaihimus salam.”

Setan-setan Dibelenggu, Pintu-pintu Neraka Ditutup dan Pintu-pintu Surga Dibuka Saat Ramadhan Datang

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

“Jika Ramadhan datang, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan juga dibelenggu.”

Al Qodhi ‘Iyadh menjelaskan, “Hadits tentang puasa ramadhan di atas dapat bermakna, terbukanya pintu surga dan tertutupnya pintu Jahannam dan terbelenggunya setan-setan sebagai tanda masuknya bulan Ramadhan dan mulianya bulan itu. ” Lanjut Al Qodhi ‘Iyadh, “Dapat berarti terbukanya pintu surga karena Allah mempermudah bermacam ketaatan pada hamba-Nya pada bulan Ramadhan seperti puasa dan shalat malam. Ini berlainan dengan bulan-bulan yang lain. Pada bulan Ramadhan, orang makin lebih repot lakukan kebaikan dibanding lakukan hal maksiat. Berikut karena mereka bisa masuk surga dan pintunya. Sedang tertutupnya pintu neraka dan terbelenggunya setan, berikut yang menyebabkan seorang gampang menjauhi dari maksiat saat itu.”

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan