Mengenal Konsep Komposisi Tubuh Manusia

timbangan komposisi tubuh

Apakah Anda merasa memiliki proporsi tubuh yang kurang ideal? Pada dasarnya tubuh Anda tersusun atas banyak komposisi yang turut memberikan kontribusi terhadap berat badan manusia. Untuk mengetahui komposisi tubuh Anda, salah satu alat yang digunakan untuk mengukur nya adalah timbangan komposisi tubuh.

Alat tersebut biasanya dipakai untuk mencari tahu apakah program pembentukan tubuh ideal yang dilakukan (program diet, olahraga, dan lain sebagainyal) sudah bekerja secara efektif atau belum. Intinya, alat tersebut berfungsi untuk mencatat komposisi tubuh manusia.

Mengenal Komposisi Tubuh Manusia

Komposisi tubuh merupakan suatu gambaran yang menjelaskan tentang persentase lemak, massa tulang, massa otot, dan jumlah cairan dalam tubuh manusia. Ibaratnya, dua orang manusia dengan ukuran tubuh yang sama belum tentu memiliki komposisi tubuh yang sama.

Begitu pula sebaliknya, jika ada dua orang yang mempunyai ukuran tubuh yang berbeda, bisa saja memiliki komposisi tubuh yang sama.

Pada dasarnya komposisi tubuh adalah metode atau analisis yang digunakan untuk mencari tahu komponen penyusun apa saja yang ada dalam tubuh manusia. Contohnya adalah protein, lemak, cairan, dan mineral. Komposisi tubuh adalah suatu komponen kesehatan yang utama bagi setiap manusia.

Selama ini kita sering menganggap bahwa kesehatan seseorang dilihat berdasarkan jumlah kadar lemak dalam tubuhnya. Meski lemak merupakan salah satu komposisi tubuh yang penting, komponen tubuh yang lain juga turut memiliki andil dalam mempengaruhi kesehatan manusia.

Cara mudah menghitung kadar komposisi tubuh manusia adalah dengan menggunakan timbangan komposisi tubuh.

Umumnya, analisis komposisi tubuh ini dipakai untuk menunjukkan perubahan yang terjadi pada massa otot maupun persentase lemak sebagai bentuk validasi terhadap proses pembentukan tubuh yang telah dilakukan.

Analisis ini juga sering dipakai untuk membantu validasi hasil pelayanan di bidang kesehatan seperti pengaruh perawatan pasien, pengaruh olahraga di gym, dan lain-lain.

Memahami Persepsi Tubuh Ideal yang Sebenarnya

Timbangan badan biasanya sering menjadi alat ukur andalan untuk menilai bobot ideal seseorang. Selain itu, kebanyakan orang juga kerap menganggap bahwa kurus gemuknya seseorang dipengaruhi oleh jumlah lemak yang terkandung di dalam tubuhnya.

Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena komposisi tubuh manusia tidak hanya terdiri dari lemak saja.

Setiap struktur tubuh manusia juga tersusun atas elemen penyusun yang lain seperti massa otot, jumlah cairan, ukuran tulang, dan lain sebagainya. Itu artinya, orang yang memiliki badan agak besar belum tentu berisi lemak, dan orang yang kurus belum tentu isinya tulang semua.

Ada juga orang yang kurus karena massa ototnya kecil, dan ada pula orang yang gemuk karena jumlah cairan dalam tubuhnya memang banyak.

Jadi penentuan ideal atau tidaknya tubuh manusia tidak bisa dilihat dari kondisi, proporsi, dan bentuk badan manusianya saja. Anda juga perlu mempertimbangkan komposisi tubuh manusia secara keseluruhan.

Jika Anda tertarik melakukan pengukuran komposisi tubuh secara akurat, gunakanlah timbangan komposisi tubuh OMRON karena proses perhitungannya dapat Anda lihat dalam hitungan detik saja.

About the Author: admin