Mengetahui Cara Pengobatan Depresi Versi SehatQ.com

Ada berbagai faktor penyebab dari depresi ini. Gangguan mental tersebut tentu bisa disembuhkan dengan melakukan sejumlah metode. Info penyakit tersebut tentang cara pengobatannya akan memberikan wawasan sehingga bisa menjadi pedoman untuk melakukan penanganan sejak dini.

Cara Pengobatan Depresi

Penyakit mental yang satu ini mempunyai tingkat kesembuhan tinggi jika telah terdeteksi sejak awal. Maka, jika merasa merasakan sejumlah gejalanya, segera lakukan pemeriksaan ke dokter ahli. Berikut adalah sejumlah metode pengobatannya.

1. Konsumsi Obat Antidepresan

Cara pertama yang biasanya dokter berikan adalah dengan mengonsumsi obat antidepresan. Ini akan membantu mengatasi gejala-gejala depresi pada pasien. Ada banyak sekali jenisnya, sehingga akan menyesuaikan dari tingkatan dan kebutuhan masing-masing.

Proses kerja obat antidepresan biasanya adalah sekitar 2 hingga 4 minggu. Perlu diingat ini hanya akan meredakan sejumlah gejala depresi saja. Apabila ingin menambah dosisnya, maka lakukan konsultasi kepada dokter ahli.

2. Psikoterapi

Langkah yang sangat berhasil dan bagus dalam mengatasi depresi adalah melakukan terapi psikologis. Dengan datang ke psikiater, maka akan membantu Anda dalam menghadapi masalah gangguan mental tersebut. Ahli ini akan melakukan sesi wawancara secara mendalam.

Dalam melakukan proses penyembuhan, tentu saja membutuhkan waktu sangat lama. Psikiater akan mengukur sejumlah aspek dari pasien mulai dari pengalaman masa lalu, hubungan bersama orang lain, pengelolaan emosi dan sudut pandang dalam mengatasi sebuah masalah.

3. Terapi Kejut Menggunakan Listrik

Pada info penyakit tentang cara pengobatan depresi berikutnya adalah dengan melakukan terapi kejut listrik. Para dokter atau ahli akan melakukan metode ini yang memberikan gelombang listrik ke dalam tubuh sehingga membuat otak menjadi terpengaruh dan depresi semakin berkurang.

Metode ini juga sering disebut sebagai ECT. Biasanya diperlukan untuk mengatasi pasien depresi yang mana cenderung ke bentuk penyiksaan diri hingga membunuh dirinya sendiri. Oleh karena itu, cara ini bisa jadi paling efektif dalam membantu pasien sembuh.

4. Mempunyai Pola Hidup Sehat

Selain menggunakan metode medis dari para ahli kesehatan mental, depresi juga bisa diobati dari dalam diri sendiri. Lakukan pola hidup lebih teratur dan sehat. Sebagai contoh sering olahraga, makanan bergizi, tidur cukup, tidak terlalu lelah, hingga berpikiran positif.

Melalui cara merubah kebiasan hidup, maka bisa memberikan sebuah perubahan besar dalam diri sendiri. Dengan begitu, Anda mampu mengendalikan emosi berlebihan sehingga semua hal bisa diterima secara lapang dada.

5. Tidak Malu Untuk Berbagi Cerita

Pada cara berikutnya mungkin terdengar sederhana, namun bagi sebagian orang menjadi hal paling sulit dilakukan. Penderita depresi dengan karakter pendiam dan penutup cenderung tidak terbuka dengan perasaan dan masalahnya. Sehingga sering memendamnya sendiri.

Memendam perasaan dan masalah terlalu lama tentu bisa menjadi bom waktu. Ia bisa meledak kapan saja. Cobalah membuka diri dengan bercerita kepada orang terpercaya. Melalui cara ini, maka bisa membuat hati lebih lega.

6. Memanfaatkan Waktu Luang Dengan Aktivitas Positif

Langkah pengobatan terakhir adalah memanfaatkan waktu luang dengan cara yang sangat bermanfaat. Jika ada kelonggaran masa, maka jangan mengurung diri dengan menyesali berbagai hal dan membuat pikiran semakin stress.

Bukalah jendela rumah Anda, hirup udara segarnya kemudian ambil langkah untuk jalan-jalan melihat dunia sebentar. Penderita depresi juga bisa melakukan kegiatan sesuai hobinya, seperti menggambar, melukis, bermain alat musik, dan lainnya.

Itulah pembahasan info penyakit tentang cara pengobatan depresi. Melalui metode medis dan gabungan langkah usaha dalam diri akan mengurangi beban penyakit sehingga menjadi normal kembali.

 

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan