Perkembangan Anak Usia 2 Tahun Secara Umum

Food photo created by master1305 - www.freepik.com

Perkembangan anak usia 2 tahun perlu Anda pahami dengan baik. Pada usia ini seorang anak dapat merangkak dengan penuh semangat dan mulai bisa berjalan. Ia juga sudah mulai berbicara meski dengan kosakata sedikit. Untuk itu, sangat penting sebagai orang tua memahami berbagai perkembangan tersebut.

Tumbuh Kembang Anak Usia 2 Tahun

Tumbuh kembang anak setiap tahunnya tentu menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap orang tua. Terlebih saat memasuki usia 2 tahun, seorang anak akan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Di bawah ini beberapa contoh perkembangan anak saat sudah memasuki usia dua tahun.

1. Pertumbuhan Fisik

Saat anak sudah berusia dua tahun biasanya mereka akan mengalami kenaikan tinggi badan, berat badan, hingga lingkar kepala. Secara ideal, berat anak tersebut bisa mencapai 10-13 kilogram dengan tinggi sekitar 84-89 cm.

Perkembangan anak usia 2 tahun ini tentu bisa Anda sadari dengan mudah. Hanya saja tumbuh kembang tersebut memang mempunyai tahap yang berbeda-beda pada setiap anak.

2. Perkembangan Motorik

Seorang anak juga sudah bisa berlari dengan keseimbangan yang jauh lebih baik. Ia bahkan bisa berdiri sambil mengambil, melempar, hingga menendang sesuatu tanpa kehilangan keseimbangan. Anak juga sudah bisa berjalan naik turun tangga dengan berpegangan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda sebagai orang tua untuk mendampingi anak dalam masa perkembangannya. Pasalnya, di usia seperti ini seorang anak akan lebih aktif dan butuh pengawasan yang lebih ekstra.

3. Perkembangan Sensorik

Anak di usia ini sudah bisa berbicara dengan menggabungkan beberapa kosa kata. Hal ini berarti kosa kata diucapkannya lebih bervariasi dibanding usia di bawahnya. Ia akan semakin banyak berkomunikasi mengenai apa yang dibutuhkannya.

Sebagai contoh saat anak ingin pergi ke toilet, ingin makan sesuatu, ingin bermain sesuatu, maka ia akan menyampaikannya dengan kosa kata. Anak bahkan sudah bisa membedakan siapa saja keluarga mereka atau orang terdekat dari anak tersebut.

4. Perkembangan Emosi

Saat menginjak usia dua tahun ke atas, seorang anak sudah bisa belajar untuk mengendalikan emosi mereka dengan bertahap. Ia bahkan bisa meniru aktivitas orang lain yang lebih tua. Selain itu, anak juga bisa bermain dengan teman-temannya dengan semangat.

Perkembangan emosi ini nantinya akan berkembang seiring bertambahnya usia. Meski dengan tahap tumbuh kembang berbeda-beda dari setiap anak. Anda bisa mulai membantu anak untuk memahami dan membantunya untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Perkembangan anak usia 2 tahun di atas secara umum dialami seorang anak. Ia akan memiliki penguasaan motorik dan sensorik yang berkembang dengan baik. Dari berbagai perkembangan tersebut, Anda perlu melakukan pengawasan lebih agar anak dapat tumbuh dengan baik.

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan