Tips Bersepeda Tetap Aman di Musim Hujan

Mau tetap bersepeda di musim hujan dan tetap aman? Beberapa tips bersepeda di bawah ini bisa kamu coba!

Bersepeda menjadi aktivitas favorit di era New Normal seperti ini. Kamu bisa lihat banyaknya orang bersepeda di jalanan, mulai dari sepeda mahal atau sepeda dengan harga terjangkau. Beberapa merek sepeda juga jadi pilihan masyarakat seperti sepeda Polygon yang hadir dengan berbagai rentang harga, hingga sepeda lipat Brompton yang dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Jika biasanya gowes atau bersepeda setiap pagi, saat musim hujan seperti ini, kita biasanya mengurangi intensitas gowes. Betul, tidak? Kalau kamu ingin tetap gowes di musim hujan, tentunya butuh persiapan yang lebih ekstra. Cek dulu beberapa tips yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Cek sistem rem pada sepeda kamu

Pengereman adalah salah satu faktor yang harus kamu perhatikan saat bersepeda setiap saat. Apalagi di musim hujan, jarak pengereman saat bersepeda akan meningkat. Makanya, kamu harus memastikan bahwa sistem pengereman dalam kondisi prima. Rem jenis cakram akan lebih baik karena lebih tahan akan kondisi jalanan yang basah akibat hujan.

Gunakan topi di bawah helm sepeda

Helm memang digunakan untuk melindungi kita saat gowes. Di musim hujan seperti ini, kamu bisa pakai topi terlebih dulu sebelum memakai helm sehingga air hujan tidak langsung menerpa wajah kita. Apalagi bagian mata jadi yang utama harus terlindungi dari terpaan air hujan ya.

Pakai kacamata khusus saat bersepeda

Kacamata bening atau photochromic bisa jadi pilihan untuk melindungi mata kamu saat gowes. Dengan memakai kacamata, air hujan tidak langsung menghantam bagian mata sehingga kita bisa tetap gowes dengan nyaman.

Pakai Jas hujan dan rain cover

Tentunya jas hujan harus selalu dibawa sebagai persiapan jika hujan turun dan dipakai saat hujan untuk melindungi kita. Jas hujan ini juga bisa melindungi kita dari cipratan air di jalan raya saat gowes. Bukan hanya jas hujan, kamu perlu persiapkan rain cover untuk melindungi tas kamu supaya tidak kebasahan, barang bawaan pun akan tetap aman dari hujan.

Gunakan sepatu tahan air supaya tetap nyaman

Perlengkapan satu ini juga seringkali luput yakni sepatu tahan air. Namanya juga gowes menggunakan kaki, maka kamu harus memastikan kaki dalam keadaan nyaman. Kamu bisa membeli sepatu tahan air atau bisa juga menggunakan kantong plastik sebelum memakai sepatu. Selain lebih hemat, juga kaki akan tetap kering!

Pastikan lampu sepeda berfungsi

Saat hujan, biasanya jarak pandang memang cukup terbatas. Makanya, lampu akan membantu kita melihat jalanan secara lebih baik alias meningkatkan visibilitas kita saat berkendara. Selain itu, lampu juga akanĀ  membantu pengendara lain tetap awas akan keberadaan kita. Jadi, sebelum gowes, kamu harus memastikan kalau lampu depan dan belakang sepeda kamu berfungsi ya.

Cek kondisi ban sebelum gowes

Ban harus dalam kondisi yang baik, alias tidak gundul jika ingin digunakan pada jalan atau medan yang basah. Selain itu, kamu juga harus menurunkan tekanan udara pada ban untuk menjaga traksi ban sepeda. Selain itu, jika kamu ingin lebih nyaman, kamu bisa ganti ukuran ban kamu ke ukuran yang lebih lebar ya.

Pasang fender pada sepeda kamu

Aksesoris sepeda yang satu ini akan melindungi kamu dan juga orang di belakang kamu dari cipratan air hujan. Posisi fender ini bisa kamu pasang di roda belakang sepeda. Selain sebagai perlindungan, fender ini juga jadi aksesoris untuk meningkatkan tampilan sepeda kamu. Plus, harganya juga murah meriah!

Bersihkan sepeda secara rutin

Terakhir, setelah sampai di rumah, pastikan kamu membersihkan sepeda dari sisa-sisa kotoran dan juga bekas air hujan. Apalagi jika kondisi basah setiap hari, maka sepeda akan cepat berkarat. Tidak mau kan kalau sepeda cepat berkarat, apalagi bagian rantai dan gear-nya. Cukup guyur menggunakan air tawar sebentar, kemudian lap dengan kain atau kanebo hingga kering. Pastikan juga untuk berikan pelumas basah ke bagian rantai dan bagian sepeda lainnya supaya kondisi sepeda tetap prima.

Bersepeda di musim hujan memang lebih membutuhkan persiapan ekstra ya. Jika kamu tetap ingin bersepeda di musim hujan, ikuti tips di atas untuk kegiatan bersepeda yang tetap aman dan nyaman.

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan