Tips Mendesain Ruang Kerja yang Nyaman Saat Bekerja dari Rumah

Pemerintah terus memperpanjang masa penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Indonesia dari waktu ke waktu. Hal ini menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk mendesain ruang kerja Anda agar terasa nyaman saat bekerja dari rumah atau work from home agar produktivitas tidak terganggu.

Meski terkesan sepele, namun kenyataannya ruang kerja sangat dibutuhkan agar surat-surat p penting berkas, dan hal-hal lain terkait pekerjaan tidak berserakan ataupun terselip yang akhirnya akan merugikan Anda.

Karena itu dibutuhkan desain serta tata ruang yang bagus untuk menata ruangan kerja agar masalah di atas dapat teratasi. Nah, berikut ini adalah beberapa tips rekomendasi dari kami cara menata ruang kerja Anda agar tetap nyaman saat bekerja dari rumah atau work from home, antara lain yaitu:

Menambah Rak

Agar berkas-berkas penting tidak terselip atau berserakan begitu saja, maka hal pertama yang dibutuhkan adalah dengan menambah jumlah rak pada ruang kerja Anda. Selain itu, rak juga berfungsi agar ketika Anda mencari berkas atau barang-barang lainnya, Anda dapat mencarinya dengan mudah.

Jauhkan Barang yang Tidak Penting dari Meja Kerja

Selama bekerja dari rumah, meja kerja tentu menjadi tempat yang akan selalu Anda datangi. Karena itu agar tetap produktif meski kerja dari rumah, maka jangan pernah mendekatkan barang-barang yang tidak penting ke meja kerja Anda. Pastikan hanya laptop, dan barang-barang pendukung kerja Anda saja yang ada di dekat meja kerja Anda.

Gunakan Desain Kursi yang Nyaman

Agar pekerjaan Anda tetap produktif dan nyaman, sebaiknya pilihlah kursi kerja dengan desain yang nyaman. Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan konsentrasi Anda saat bekerja. Saat ini telah banyak desain kursi yang nyaman yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Gunakan warna dinding yang cerah

Beberapa pakar menyebutkan bahwa warna dinding dapat meningkatkan konsentrasi seseorang terutama warna-warna cerah. Karena itu, sebaiknya Anda menggunakan warna dinding yang cerah, seperti biru, hijau, dan kuning dengan tujuan untuk meningkatkan kerja otak anda.

Pastikan Pencahayaan yang Baik

Agar ruang kerja tetap sehat dan bebas dari stress, sebaiknya pastikan bahwa ruang kerja telah mendapatkan cahaya natural yang baik. Caranya adalah dengan menggunakan jendela berukuran besar agar mampu mengalirkan cahaya dan pertukaran udara yang baik. Meski begitu, cahaya juga bisa Anda dapatkan melalui lampu. Pastikan untuk menghindari lampu yang menyilaukan.

Pilih Desain Meja Kerja Sesuai dengan Fungsi dan Kegunaannya

Saat ini, sudah banyak tersedia desain meja kerja dengan berbagai fungsi dan kegunaan. Selain itu, beberapa meja kerja juga sudah dibuat untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya. Jika ruang kerja Anda kecil, maka Anda dapat menggunakan meja kerja yang dapat dilipat ke tembok.

Sedangkan jika ruang kerja Anda berdesain industrial, maka meja dengan desain besi bisa menjadi pilihan Anda. Selain itu, pastikan juga tinggi meja Anda sesuai dengan tubuh Anda agar anda tidak lelah saat bekerja nantinya.

Gunakan Karpet

Penggunaan karpet pada ruang kerja saat work from home memang insidential alias tidak terlalu penting. Namun penggunaan karpet di ruang kerja bagi beberapa orang memberikan kesan hangat dan homey yang membuat kenyamanan Anda meningkat.

Gunakan Tanaman

Agar ruang kerja Anda di rumah dapat menghilangkan stress, sebaiknya gunakan beberapa tanaman pada ruang kerja Anda. Selain mampu menyegarkan ruangan kerja, tanaman juga mampu meningkatkan konsentrasi Anda saat bekerja.

Itulah beberapa tips mendesain ruang kerja yang nyaman saat bekerja dari rumah agar Anda tetap produktif. Semoga informasi ini bermanfaat.

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan