Tips Olahraga di Rumah Selama Masa Pandemi yang Bisa Dicoba

Woman photo created by gpointstudio - www.freepik.com

Pandemi virus Corona membuat masyarakat tidak bisa bebas keluar rumah dan juga berinteraksi dengan orang-orang di luar sana. Karena memang resiko untuk terpapar oleh virus yang satu ini juga terbilang cukup tinggi. Namun bukan sebuah alasan untuk meninggalkan rutinitas olahraga. Karena dengan berolahraga sebenarnya membantu daya tahan tubuh menjadi lebih kuat, sehingga nantinya Anda juga tak akan mudah terserang penyakit berbahaya tersebut. pada dasarnya aktivitas olahraga memang bisa dilakukan di mana saja, tanpa harus datang ke pusat kebugaran juga bisa.

Bahkan ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Hanya saja yang menjadi permasalahannya mungkin Anda tidak akan bisa konsisten dan juga fokus ketika melakukan olahraga tersebut sendirian di rumah. Beberapa orang ada yang lebih senang berolahraga dengan arahan atau bimbingan sehingga nantinya tidak asal berkeringat saja, melainkan juga mendapatkan manfaat yang optimal sesuai dengan apa yang diharapkan.

Namun jangan khawatir berikut ini diantaranya ada tips olahraga di rumah yang dapat Anda terapkan, yaitu:

  1. Tentukan jadwal latihan, bagi Anda yang tidak bisa disiplin dalam berolahraga, sebaiknya patut menentukan jadwal latihan, meskipun nantinya juga akan dilakukan di rumah saja. Karena hal ini penting untuk membuat Anda menjadi lebih disiplin dalam mengikuti jadwal yang sudah ada tersebut. Sehingga tidak akan menyepelekan waktu latihan dan seenaknya hal ini justru besar kemungkinan membuat Anda tak jadi olahraga.
  2. Jangan terburu-buru membeli peralatan olahraga mahal, dengan alasan ingin disiplin dalam berolahraga, maka banyak diantaranya yang kemudian langsung memborong alat olahraga mahal, padahal tidak digunakan secara rutin. Hal ini hanya berujung pada pemborosan saja. Anda dapat membeli alat-alat olahraga dasar yang biasa-biasa saja jika memang perlu. Karena sebenarnya juga ada banyak sekali jenis olahraga yang dapat dilakukan tanpa harus mengandalkan alat.
  3. Sebisa mungkin hilangkan gangguan, ada beberapa hal yang nantinya akan mengganggu Anda ketika sedang berolahraga, sehingga kehilangan fokus dan akhirnya tidak jadi olahraga, seperti telepon. Untuk itu sebisa mungkin pastikan untuk mematikan ponsel ketika sedang berolahraga. Ini akan jauh lebih aman, kemudian beritahu juga anggota keluarga untuk tidak masuk ke kamar selama Anda berolahraga.
  4. Mulailah dengan melakukan pemanasan, setiap aktivitas olahraga hendaknya dimulai dengan pemanasan, hal ini berguna untuk mengurangi resiko cedera yang mungkin saja terjadi. Banyak orang yang sering melupakan hal tersebut, padahal sebenarnya sangat penting.
  5. Pilihlah jam-jam yang tepat untuk olahraga, seperti diantaranya adalah di pagi hari. Pagi hari sebenarnya memang waktu yang paling tepat digunakan untuk berolahraga. Suasananya akan sangat mendukung, ditambah bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda secara optimal.
  6. Gunakan pakaian yang nyaman, meskipun melakukan olahraga di rumah, namun pastikan outfit yang dipakai juga tepat. Karena hal ini berhubungan dengan kenyamanan Anda, outfit yang tidak tepat biasanya juga beresiko untuk menyebabkan cedera.
  7. Pastikan bahwa Anda tetap terhidrasi, hal yang tidak kalah penting adalah sebaiknya Anda minum dalam jumlah yang cukup, karena bagaimanapun hal tersebut berhubungan dengan kebugaran tubuh. Selama aktivitas olahraga tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan, agar tidak sampai mengalami dehidrasi, maka pastikan minum secara cukup.

Bisa mulai Anda terapkan sekarang juga, lakukan olahraga yang ringan-ringan saja secara benar untuk mendapatkan hasil optimal.

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan