VPS Adalah? Berikut Jawabannya!

Secara singkat VPS adalah server pribadi dengan kemampuannya resourcenya dapat digunakan oleh satu pengguna saja. Oleh karena itu, pada kesempatan artikel berikut ini akan membahas tentang bagaimana hubungan VPS dalam menjalankan hosting dan domain pada website.

Pengertian VPS (Virtual Private Server)

Perlu diketahui bahwasanya VPS adalah sebuah server yang mana semua resourcenya dapat digunakan oleh satu pengguna saja sehingga orang lain tidak dapat mengelolanya. Seluruh konfigurasinya dapat diakses secara penuh sehingga penggunanya bebas melakukan apapun.

Penggunaan teknologi pada VPS yakni virtualisasi hardware server fisik dimana kemampuannya bisa dibagi menjadi beberapa resource yang berbeda-beda. Penbagiannya tersebut dilakukan dengan melalui perantara software sehingga bisa menjalankan beberapa VPS.

Apabila di analogikan dengan sebuah perkemapungan, maka server fisinya adalah lokasi desanya dan VPSnya sendiri merupakan rumah-rumah para penduduk. Sedangkan parabotan di dalamnya dapat diibaratkan seperti RAM, CPU, Bandwidth dan disk space.

Mengetahui Tentang Fungsi VPS

Apabila sudah memahami tentang penjelasan VPS itu apa, maka langkah selanjutnya harus mengetahui bangaimana fungsi dari VPSnya sendiri. Dari pada penasaran, simak saja penjelasan berikut ini dengan cermat.

1. Server Website

Perlu diketahui juga bahwasanya VPS merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai server pada website. Para pengguna biasanya menggunakannya sebagai solusi pada saat situs webnya membutuhkan resource lebih tinggi agar tidak terjadi lemot atau semacamnya.

Para pengguna server VPS ini memang sebagian besar digunakan pada pemilik website perusahaan dengan kapasitas klien banyak sehingga dapat mengatasi kelebihan tersebut. Secara pribadi juga ada penggunanya dimana situsnya sudah sangat padat sekali pengunjung maupun kontennya.

2. Untuk File Hosting

Fungsi lainnya yang terdapat pada VPS adalah sebagai sarana melakukan penyimpanan berbagai data-data penting agar tidak hilang. Selain itu, pada penggunanya juga bisa melakukan akses datanya tersebut dengan menggunakan layanan internet dimanapun keberadaannya.

Namun perlu diketahui juga bahwasanya file hostinyanya tersebut hanya diizinkan hanya pada saat menggunakan layanan VPS saja. Selain itu tidak ada izin karena akan menyebabkan kelebihan server sehingga menjadikan para pengguna lain merasakan beban dalam melakukan akses.

3. Sebagai Server Remote Desktop

Banyak sekali para pebisnis menggunakan layanan VPS sebagai sarana menjalankan setiap kegiatan bisnis mereka. Selain itu, di dalam servernya pasti akan diterapkan bot sehingga secara otomatis akan merespon setiap perintah tanpa harus memantau terus menerus.

Selain itu ada juga Bitcoin yang pada sekarang ini masih banyak yang menggunakannya pada layanan VPS sebagai sara menambang Bitcoin. Namun kebanyakan penyedia VPS memberlakukan larangan karena dapat mengakibatkan server menjadi load tinggi.

4. Layanan VPN

Sebagian besar orang tentunya mengerti tentang fungsi dari VPN yang sangat sering digunakan dalam melakukan sambungan telepon atau video call antar negara. Oleh karena itulah, para pengguna VPN biasanya juga menggunakan layanan VPS sebagai servernya agar sambungannya tetap lancar.

Penggunaan VPS pada VPN adalah sebagai servernya karena VPN sendiri juga membutuhkan server agar bisa terkoneksi dengan perangkat lainnya. Dengan demikian akan mempermudah seseorang dalam melakukan panggilan dan tidak khawatir lost kontak.

5. Hosting Aplikasi

Pada masa sekarang ini para programer berlomba-lomba untuk membuat sebuah aplikasi menarik bagi kebutuhan masyarakat luas. Oleh sebab itulah, saat melakukan pengetesan dan pengebangannya yakni dengan menggunakan layanan VPS sebagai manfaat untuk hosting aplikasinya.

Tidak hanya itu saja bahwa fungsi dari VPS sendiri bisa juga digunakan sebagai sarana melakukan pembangunan pada custom mission critical software. Dengan demikian tidak perlu lagi mengeluarkan biaya akses yang sangat tinggi.

6. Mesin Uji Coba

Pada saat membuat dan mengembangkan sebuah situs web tentu saja membutuhkan sarana untuk melakukan pengetesan atas sistem yang sedang mau dijalankan. Penggunaan VPS bisa menjadi sarana dalam melakukan uji coba apakah ada kekurangan.

Penggunaan VPS sebagai sarana uji coba ini juga sangat bermanfaat sekali apabila ada kekurangan pada pengembangan pada website akan sesegera mungkin memperbaikinya. Selain itu, para penggunanya dapat juga menjadinya sebagai hosting pada situs webnya.

7. Sarana Backup Server Utama

Perlu diketahui juga pada saat melakukan penyimpanan data pada sebuah server maka ada kemungkinan data hilang tanpa ada pemberitahuan. Hal semacam itu bisa saja terjadi karena ada hacker tidak bertanggung jawab yang melakukan pencurian file-file penting.

Penggunaan layanan VPS ini bisa menjadi sarana melakukan penyimpanan data secara berkala sehingga dapat menjaga data-data agar bisa kembali lagi. Dengan demikian bila ada permasalahan hilangnya data pada server utama, maka bisa dilakukan restore bila diperlukan.

Demikian tadi merupakan penjelasan tentang VPS yang memang keberadaannya memberikan dampak positif bagi para penggunanya. Oleh karena itu, pastikan menggunakan layanan tersebut dengan bijak dan membelinya di www.domainesia.com/vm.

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan