Ketahui Apa Saja Resiko Perusahaan Tidak Bayar Pajak

jasa pemeriksaan pajak

Tingginya permintaan dan kegiatan operasional kerap menjadi salah satu alasan perusahaan melupakan kewajiban mereka. Beruntungnya, sekarang sudah ada jasa pemeriksaan pajak, sehingga perusahaan dapat membayar pajak tepat waktu. Padahal resiko perusahaan tidak bayar pajak sangat banyak, berikut beberapa resikonya

5 Resiko Perusahaan Tidak Bayar Pajak

Jangan menyepelekan, berikut akibatnya jika Anda tidak membayar pajak:

1. Perusahaan Tidak Dapat Mendaftar Online Single Submission (OSS)

Sulitnya mendaftar Online Single Submission (OSS) menjadi salah satu resiko perusahaan tidak bayar pajak. Pemerintah sudah membuat sebuah sistem yang bernama OSS untuk dapat menerbitkan perizinan berusaha.

Jika tidak dapat membuat atau mendaftar Online Single Submission, perusahaan tidak dapat memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Padahal, NIB ini sangat penting dimiliki oleh perusahaan sebagai penilaian legalitas oleh investor dan juga bank.

2. Perusahaan Akan Berada Dalam Pengawasan AEol

AEol merupakan singkatan dari Automatic Exchange of Information. AOel ini merupakan sebuah sistem berupa pertukaran data informasi rekening wajib pajak antar negara. Sistem ini memiliki tujuan untuk melacak adanya penggelapan dana pajak yang dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis.

Apabila terindikasi terjadinya penggelapan, maka perusahaan atau pemilik bisnis tersebut akan berada dalam pengawasan AEol. Ini akan membuat pergerakan perusahaan bisnis Anda menjadi tidak nyaman karena akan selalu di pantau oleh mereka.

3. Izin Berusaha Akan Dicabut

Pemerintah berhak mencabut izin berusaha jika perusahaan tersebut memang tidak membayar pajak. Jika perusahaan Anda sudah mencapai tahap ini, tentunya kegiatan bisnis perusahaan Anda akan terhenti sementara. Tentunya kerugian yang akan Anda dapatkan jauh lebih banyak daripada membayar pajak perusahaan, bukan?

4. Kredibilitas Turun di Mata Konsumen

Saat perusahaan Anda tidak membayar pajak, DJB akan mempublikasikan perusahaan Anda melalui media atau website DJB bahwa perusahaan Anda tidak melakukan kewajibannya untuk membayar pajak.

Jika hal ini sudah terjadi, tentu nama perusahaan Anda akan tercoreng di mata konsumen. Selain itu, masalah ini juga akan menyebabkan perusahaan Anda kehilangan kepercayaan di mata konsumen. Bahkan, beberapa perusahaan akhirnya gulung tikar karena tidak mendapatkan konsumen sama sekali.

5. Tidak Dapat Menerbitkan Faktur

Resiko perusahaan tidak bayar pajak yang terakhir adalah tidak dapat menerbitkan faktur. Kegiatan bisnis pasti sering melakukan kegiatan beli barang untuk kegiatan produksi atau kebutuhan alat kantor.

Biasanya, saat sedang melakukan pembelian seperti ini, klien atau pemasok akan meminta bukti faktur pajak perusahaan. Jika perusahaan Anda tidak membayar pajak, perusahaan Anda tidak akan bisa menerbitkan faktur untuk klien.

Sudah Paham Resiko Perusahaan Tidak Bayar Pajak?

Membayar pajak adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik bisnis maupun pengusaha. Dengan rajin membayar pajak, tentunya kegiatan bisnis perusahaan Anda dapat berlangsung dengan lancar. Jadi jangan lupa lagi untuk membayar pajak dengan teratur.

You May Also Like

About the Author: admin