Kalibrasi Flow Meter, Kunci Akurasi Pengukuran Aliran

Kalibrasi Flow Meter

Kalibrasi flow meter merupakan kegiatan yang cukup krusial. Kendati demikian, tak sedikit masyarakat yang kurang memahami tentang kalibrasi. Padahal, prosesnya sangat penting terutama dalam menjaga akurasi pengukuran suatu aliran. Supaya semakin jelas, mari kita ulas lebih detail pada artikel berikut.

Mengenal Apa Itu Kalibrasi Flow Meter

Dalam berbagai industri, pengukuran aliran fluida baik cair maupun gas menjadi parameter pokok. Pasalnya, mereka sangat mempengaruhi efisiensi proses produksi. Sementara itu, alat yang berfungsi untuk mengukur aliran ini bernama flow meter.

Jenisnya pun beragam, mulai dari flow meter solar, water meter serta flow meter air. Agar data yang flow meter hasilkan handal dan akurat, maka perlu melakukan kalibrasi secara berkala.

Kalibrasi flow meter sendiri adalah proses perbandingan antara nilai yang flow meter tunjukkan dengan parameter standarnya. Dengan kata lain, kalibrasi membantu mengeliminasi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada pengukuran aliran. Adapun manfaat kalibrasi meliputi:

  • Memastikan bahwa data yang flow meter berikan akurat. Data yang akurat akan sangat penting untuk pengambilan keputusan dalam proses produksi.
  • Dengan pengukuran aliran yang akurat maka dapat mengoptimalkan penggunaan bahan baku dan energy. Ini juga bisa meningkatkan efisiensi proses produksi.
  • Akurasi pengukuran aliran lewat flow meter yang handal berdampak pada kualitas produk akhir. Sebagai contoh, dalam industri farmasi, akurasi pengukuran memastikan dosis obat yang tepat.
  • Kalibrasi menghindari sejumlah masalah pada sistem. Pasalnya, pengukuran aliran yang tidak akurat seringkali menyebabkan masalah keamanan. Sebut saja kebocoran hingga kelebihan beban pada peralatan.

Kapan Flow Meter Perlu Kalibrasi?

Pada dasarnya, frekuensi kalibrasi flow meter tergantung pada beberapa faktor. Itu artinya, satu alat dengan alat lainnya mungkin akan memerlukan waktu kalibrasi yang berbeda-beda. Adapun faktor-faktornya meliputi:

1. Jenis Flow Meter

Setiap jenis flow meter memiliki karakteristik dan tingkat stabilitas yang tidak. Beberapa flow meter cenderung lebih stabil serta memerlukan kalibrasi yang kurang sering dibandingkan dengan jenis lainnya.

Sebagai contoh, flow meter mekanis lebih rentan terhadap keausan komponen akibat gesekan fluida. Oleh karena itu, jenis ini memerlukan kalibrasi yang lumayan sering. Lain dengan tipe elektromagnetik yang memiliki tingkat stabilitas tinggi dan jarang memerlukan kalibrasi ulang.

2. Kondisi Operasional

Kondisi operasional di mana flow meter bekerja memiliki pengaruh signifikan terhadap frekuensi kalibrasi. Dengan kata lain, semakin keras kondisi operasionalnya maka flow meter akan lebih sering kalibrasi. Beberapa kondisi operasional yang dapat mempengaruhi seperti suhu, tekanan, kualitas fluida serta getaran.

3. Usia Flow Meter

Seiring bertambahnya usia, kinerja flow meter akan menurun secara bertahap. Komponen mekanis seperti bantalan, seal dan orifice plate dapat aus, sehingga mempengaruhi akurasi pengukuran. Oleh karena itu, kalibrasi flow meter yang lebih tua umumnya lebih sering daripada alat baru.

4. Kualitas Instalasi

Terakhir adalah kualitas instalasi yang sangat mempengaruhi waktu kalibrasi. Jika flow meter tidak terpasang dengan benar, akurasi pengukurannya pun cenderung buruk. Karena itu, penting sekali memastikan pemasangan yang sesuai rekomendasi pabrik sehingga lebih rapat dan akurat.

Kalibrasi Bersama Ahlinya

Mengingat pentingnya kalibrasi, maka jangan pernah remehkan proses tersebut. Apabila Anda memiliki flow meter yang penting untuk proses produksi, namun akurasi pengukurannya mulai meragukan? Jangan biarkan ketidakpastian mengganggu efisiensi dan kualitas produk.

Percayakan kalibrasi kepada ahlinya di PT Ferindo Energi Instrumen. Tim teknisi kami berpengalaman dalam menangani berbagai jenis flow meter serta memiliki pengetahuan mendalam mengenai proses kalibrasi.

Selain membantu kalibrasi, PT FEI juga hadir sebagai authorized distributor dan premium reseller berbagai merk flow meter solar Jakarta ternama. Sebut saja Water Meter Amico all size termasuk Water Meter Amico 2 inch serta masih banyak lagi. Informasi lebih lengkap terkait layanan kalibrasi flow meter dan beragam produk kami bisa kunjungi ferindo.id.

You May Also Like

About the Author: admin